Analisis Kualitas Pelayanan Listrik Pintar (Prabayar) Di PT. PLN (Persero) ULP Woha

Main Article Content

Elyanur Pratama

Abstract

ABSTRAK


Kebutuhan listrik masyarakat yang semakin hari kian meningkat menyebabkan perusahaan terkait seperti PLN harus mampu memberikan pelayanan dengan kualitas yang baik bagi pelangganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  dan menganalisis  kualitas pelayanan listrik pintar (prabayar) di PT. PLN (Persero) ULP Woha. Peneitian ini berjenis deskriptif dengan  jenis data kuantitatif dari sumber data primer. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner skala likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioer dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji t test one sample. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan listrik pintar (prabayar) di PT. PLN Persero  ULP. Woha lebih dari 70% dari yang diharapkan (baik).


Keywords: Kualitas Pelayanan, Listrik Pintar


ABSTRACT


The electricity needs of the community are increasing day by day, causing related companies such as PLN to be able to provide good quality services to their customers. This study aims to determine and analyze the quality of smart electricity services (prepaid) at PT. PLN (Persero) ULP Woha. This research is a descriptive type with quantitative data from primary data sources. The research instrument used was a Likert scale questionnaire. The data collection techniques used were observation, interview, questionnaire and literature study. The data analysis technique used is the validity test, reliability test, and one sample t test. The results showed that the quality of smart electricity service (prepaid) at PT. PLN Persero ULP. Woha more than 70% of expected (good).


Keywords: Service Quality, Smart Electricity

Article Details

How to Cite
Pratama, E. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Listrik Pintar (Prabayar) Di PT. PLN (Persero) ULP Woha. Economy Deposit Journal (E-DJ), 3(1), 40-44. https://doi.org/10.36090/e-dj.v3i1.1008
Section
Articles

References

Airulmukminin, A. (2020). The Effect of Work Discipline and Work Motivation on Employee Performance at UPT Puskesmas Ambalawi District. Economy Deposit Journal (E-DJ), 2(1), 11-18.
Anwar. P.M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Bariroh, U, Yulianti, T. 2017. Kualitas Pelayanan Pasang Baru Listrik Prabayar Pada PT. PLN (Persero) Rayon Darmo Permai Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik. Vol. 3, No. 1, Hal. 645-657.
Endang. S, Irawan. I. 2020. Analisis Komitmen Organisasi Pada Kantor Camat Asakota Kota Bima. Jurnal Ekuitas. Vol.1, No.1, Hal. 1-9.
Saputra, A, Yulliani, F. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Program Listrik Pintar (Prabayar) di PT. PLN (Persero) Pekanbaru. Jom FISIP. Vol. 1, No. 2, Hal. 1-15.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip Penerapan dan Penelitian. Andi.Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi Offset, Yogyakarta.
Tokan, G.S.A, Tumbel, L.A, Roring, F. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Listrik Pintar (Listrik Prabayar/Pulsa) (Studi Kasus Pada Perusahaan Listrik Negara Rayon Paniki-Manado). Jurnal EMBA. Vol. 4, No. 5, Hal. 303-408.