KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI PADI DI KABUPATEN BARRU

  • Darmawan Risal UIT
Keywords: Efektivitas, kebijakan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah terhadap peningkatan produksi padi di Kabupaten Barru. Penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi Kecamatan di Kabupaten Barru, yaitu  Kecamatan Barru dan Kecamatan Tanete Riaja yang berlangsung selama empat bulan terhitung dari bulan Desember 2015 sampai Maret 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan analisis deskriptif kualitatif selanjutnya dianalisis dengan model analisis isi (content analysis) dan analisis PAM (Policy Analysis Matrix). Konsistensi Kebijakan menunjukkan bahwa kebijakan Pemerintah Kabupaten Barru 2011-2015 dalam peningkatan produksi padi memiliki acuan konsistensi hanya 67%. Konsistensi antara kebijakan dengan program pertanian di dua kecamatan tidak seluruhnya ada keselarasan dengan kebijakan Dinas Pertanian dan Perkebunan. Hasil analisis yang terjabarkan dalam program hanya 75% sedangkan kebijakan dalam Renstra Dinas Pertanian dan Perkebunan yang tidak terjabarkan sebesar 25%. Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah menunjukkan produksi yang cukup tinggi yang mencapai 37,01%. Pada pertanaman yang sama terjadi kekeringan ringan seluas  379 ha atau sebesar 15,05%. Sawah yang mengalami kekeringan sedang seluas 756 ha atau sebesar 30,03%. Indikator probabilitas usaha tani menunjukkan usahatani padi Kabupaten Barru memiliki keuntungan positif. Kondisi ini berarti usahatani pada Kabupaten Barru tetap memperoleh keuntungan sebesar 13,03 juta rupiah. Kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah daerah belum sepenuhnya mampu meningkatkan produksi padi di Kabupaten Barru.

 

 

 

Published
2019-11-07
How to Cite
Risal, D. (2019). KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI PADI DI KABUPATEN BARRU. Jurnal Food And Forest, 1(1), 10-18. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JFAF/article/view/372
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.