UJI KARAKTERISTIK FISIK KERUPUK BEKATUL FISIK CHARACTERISTIK TEST OF BRAN CHIPS

  • rosmiati rosmiati uit

Abstract

Petunjuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  (1) cara pembuatan kerupuk bekatul, dan (2) hasil uji organoleptic dari bekatul menjadi kerupuk berdasarkan rasa, aroma, warna, dan kerenyahan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017, di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Indonesia Timur Makassar. Prosedur Penelitian yaitu  A1 – tepung Bekatul 10 gram + tepung tapioca 50 gram dan A2 = Tepung bekatul 100 gram + tepung terigu 50 gram. Pengujian dilakukan berdasarkan parameter pengamatan yaitu rasa, aroma, warna, dan kerenyahan yang diukur dengan uji organoleptic dari kerupuk bekatul. Data disajikan dalam bentuk diagram dan table kemudian dianaisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengolahan bekatul menjadi kerupuk yaitu melalui proses sangria, pencampuran bahan hingga menjadi adonan yang siap dibentuk kemudian dikukus dalam panic, didinginkan hingga keras agar dapat diris-iris seukuran kerupuk, dan setelah proses pengirisan, barulah dapat dijemur hingga kering. (2) Uji organoleptic berdasarkan rasa, aroma, warna, dan kerenyahan dengan menggunakan metode uji organoleptik, bahwa pencampuran tepung tapioca yang lebih baik berdasarkan rasa, aroma, dan kerenyahan, sedangkan dalam uji warna panelis memberikan nilai dengan jumlah rata-rata yang sama yaitu 2,5.

Published
2019-11-07
How to Cite
rosmiati, rosmiati. (2019). UJI KARAKTERISTIK FISIK KERUPUK BEKATUL FISIK CHARACTERISTIK TEST OF BRAN CHIPS. Jurnal Food And Forest, 1(1), 59-68. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JFAF/article/view/450
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.