SISTEM PENGELOLAAN HUTAN RAKYAT DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT

  • Adrayanti Sabar Universitas Indonesia Timur
Keywords: Sistem, Pengelolaan, Hutan Rakyat

Abstract

Hutan rakyat merupakan salah satu modal pengelolaan sumber daya alam yang berdasarkan inisiatif masyarakat, ditunjuk untuk menghasilkan kayu dan komoditas ikutannya yang secara ekonomis bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan kesejahtraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengeloaan hutan rakyat di Dusun Ambabang, Desa Sepakuan, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa dan mengetahui seberapa pengaruh hutan rakyat tersebut terhadap pendapatan para petani. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai pada bulan Agustus 2016 di Dusun Ambabang, Desa Sepakuan, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu populasi dan sampel, teknik pengumpulan data dan analisis data sistem pengelolaan hutan rakyat dan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan hutan rakyat di Dusun Ambabang, Desa Sepakuan yang dimulai dari pola dan jenis tanaman,pengadaan bibit, persiapan lahan, penanaman, dan sampai pada penjualan hasil hutan kayu rakyat.

Published
2019-11-07
How to Cite
Sabar, A. (2019). SISTEM PENGELOLAAN HUTAN RAKYAT DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT. Jurnal Food And Forest, 1(1), 37-46. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JFAF/article/view/555
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.