FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS MACCINI SOMBALA KOTA MAKASSAR

  • Jusman Usman universitas indonesia timur
  • Dahlan Rahman
  • Fenti Eldo
Keywords: Hipertensi, Status Bekerja, Konsumsi Garam, Lemak Jenuh, Sosial Budaya

Abstract

Hipertensi merupakan satu dari penyakit tidak menular yang menjadi masalah dibidang kesehatan dan sering ditemukan pada pelayanan kesehatan primer yaitu puskesmas, darah tinggi juga disebut Hipertensi. Penyakit itu berjalan terus seumur hidup dan sering tanpa adanya  keluhan khas selama belum terjadi komplikasi pada organ tubuhnya. Dalam masyarakat, hipertensi yang diderita termasuk dalam hipertensi esensial, karena belum diketahui penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi di puskesmas maccini sombala kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan cross sectional study, pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh tidak ada hubungan status bekerja dengan kejadian hipertensi dengan nilai p (0,162) > 0.05, konsumsi garam ada hubungan dengan kejadian hipertensi dengan nilai p (0,034) < 0.05, lemak jenuh ada hubungan dengan kejadian hipertensi dengan nilai p (0,020) < 0.05, sosial budaya ada hubungan dengan kejadian hipertensi dengan nilai p (0,017) < 0.05. Diharapkan responden harus banyak melakukan aktifitas, kurangi mengkonsumsi garam, kurangi mengkonsumsi lemak jenuh dan tidak selalu banyak pikiran cemas, stres dan marah karena faktor-faktor ini dapat memicu tekanan darah darah tinggi.

Published
2021-01-13
How to Cite
Usman, J., Rahman, D., & Eldo, F. (2021). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS MACCINI SOMBALA KOTA MAKASSAR. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 2(2), 63-72. https://doi.org/10.36090/jkkm.v2i2.932

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.