KOMUNIKASI EDUKATIF GURU DALAM KEGIATAN MENGAJAR BELAJAR

  • NURHAYATI NURHAYATI Universitas Indonesia Timur

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan komunikasi edukatif dalam kegiatan belajar  mengajar, (2) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan komunikasi edukatifdalam kegiatan belajar mengajar, (3) Usaha yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pelaksanaan komunikasi edukatif dalam kegiatan belajar mengajar.

Desain penelitian  ini adalah  penelitian deskriptif  dengan  pendekatan kualitatif. Penelitian  deskriptif kualitatif  bertujuan  untuk  menggambarkan, melukiskan, menerangkan,menjelaskan dan menjawab secara lebih rinci permasalahan yang akan diteliti. Dalam penelitian kualitatif manusia merupakaninstrumenpenelitian dan hasil penulisannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif, yaitu menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa(1)Komunikasi edukatif antara pihak guru sebagai komunikator  dengan peserta  didik sebagai komunikan sudah berjalan dan memiliki ciri-ciri sebagai komunikasi edukatif, (2)  Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan komunikasi edukatif berasal dari guru, peserta didik dan  lingkungan. Hambatan yang  dihadapi guru adalah rendahnya respon peserta didik, perhatian peserta didik yang  bercabang, dan kondisi peserta didik yang masih berada  pada  masa transisi. Hambatan dari peserta  didik adalah kurangnya rasa percaya diri, cara guru menyampaikan materi dan kemampuan peserta didik dalam menafsirkan pesan. Hambatan dari lingkungan yaitu berupa  kondisi atau situasi lingkungan sekolah atau lingkungan di luar sekolah seperti keluarga dan masyarakat. (3) Usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut dilakukan oleh guru seperti menggunakan metode yang tepat, melakukan bimbingan dan menggunakan bahasa yang sederhana. Sedangkan usaha dari peserta didik seperti mendengarkan dan memperhatikan saat guru menyampaikan materi pelajaran, rajin belajar dan mempersiapkan materi, berlatih untuk dapat memberikan respon.

Published
2021-07-31
How to Cite
NURHAYATI, N. (2021). KOMUNIKASI EDUKATIF GURU DALAM KEGIATAN MENGAJAR BELAJAR. PENDAIS, 3(1), 103-121. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1057
Section
Articles