PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERPADUAN TEORI DAN PRAKTEK PADA SISWA

  • damis dahlan Universitas Indonesia Timur

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan perpaduan teori dan praktek pada siswa kelas V SDN No. 68 Center Galesong II kab. Takalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui perubahan hasil belajar PAI pada siswa kelas V SDN No. 68 Center Galesong II yang menerapkan dan yang tidak menerapkan Perpaduan teori dan praktek. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar PAI Pada siswa kelas V SDN No. 68 Center Galesong II yang menerapkan perpaduan teori dan praktek.

Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN No. 68 Center Galesong II Kab. Takalar yang berjumlah 35 Siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas V.b sebanyak 17 siswa dan yang terpilih menjadi kelas kontrol adalah kelas V.a sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistiik inferensial.

Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Perpaduan Teori dan Praktek ada Peningkatan dalam hasil belajar Siswa pada mata pelajaran PAI di SDN No. 68 Center Galesong II kab. Takalar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan metode ceramah adalah 66 dan masuk ke dalam kategori sedang dari 18 siswa. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan Perpaduan Teori dan Praktek adalah 77,88 dan masuk ke dalam kategori tinggi dari 17 siswa. Hasil statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yaitu thitung  3.460> ttabel 1.692 dan signifikansi  (0,002 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Perpaduan Teori dan Praktek efektif dalam Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN No. 68 Center Galesong II kab. Takalar.

Published
2021-07-31
How to Cite
dahlan, damis. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERPADUAN TEORI DAN PRAKTEK PADA SISWA. PENDAIS, 3(1), 92-102. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1066
Section
Articles