PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Muhammad Yusuf SD Inpres Bangkala III Instansi Dinas Pendidikan Kota Makassar

Abstract

ABSTRAK

Rendahnya pemahaman peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Inpres Bangkala III Instansi Dinas Pendidikan Kota Makassar Sebelum Menggunakan Metode PemberianTugas?, dan (2). Bagaimana Penggunaan Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik di Kelas V SD Inpres Bangkala III Instansi Dinas Pendidikan Kota Makassar?

Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Inpres Bangkala III Instansi Dinas Pendidikan Kota Makassar sebelum menggunakan metode pemberian tugas, dan (2). Untuk mengetahui penggunaan metode pemberian tugas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di kelas V SD Inpres Bangkala III Instansi Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan pendekatan kolaboratif partisipatif. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan (perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi). Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptifkualitatif.

Berdasarkanan alisis data menunjukan bahwa  : (1)Kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Kelas V SD Inpres Bangkala III Instansi Dinas Pendidikan Kota Makassar sebelum menggunakan metode pemberian tugas belum mencapai nilai syarat kelulusan sebesar 75. Rata-rata nilai peserta didik berkisar di bawah angka 75.(2). Kemampuan membaca pemahaman peserta didik melalui metode pemberian tugas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V SD Inpres Bangkala III Instansi Dinas Pendidikan Kota Makassar mengalami peningkatan. Peserta didik menunjukkan kemajuan yang positif pada setiap siklus. Nilai terendah yang dicapai oleh peserta didik adalah 77,50 dan nilai tertinggi adalah 96,67

Published
2021-07-31
How to Cite
Yusuf, M. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. PENDAIS, 3(1), 63-79. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1067
Section
Articles