EFEKTIVITAS METODE SABAQ-SABAQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SANTRI

  • Muhammad Amri Universitas Negeri Alauddin Makassar

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan minimnya jumlah para penghafal al-Qur’an di tengah meningkatnya kebutuhan terhadap para penghafal al-Qur’an di Indonesia. Tujuan peneiltian  -sabaqi dalam meningkatkan kemampuan hafalan santri di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Aman Gombara Makassar.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam dalam suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa adanya efektivitas metode sabaq-sabaqi dalam meningkatkan kemampuan hafalan santri. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil test dan capaian hafalan santri yang secara keseluruhan mencapai target yang ditetapkan yaitu setoran hafalan sabaq dan sabaqi minimal satu halaman perhari atau satu bulan satu juz.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode sabaq-sabaqi efektif meningkatkan kemampuan hafalan santri di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Aman Gombara Makassar yang dibuktikan dengan capaian hafalan santri yang meningkat.

Published
2021-07-31
How to Cite
Amri, M. (2021). EFEKTIVITAS METODE SABAQ-SABAQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SANTRI. PENDAIS, 3(1), 32-45. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1068
Section
Articles