URGENSI PEMBINAAN KARAKTER PADA ANAK SEJAK DINI DI KOMPLEKS PERUMAHAN BALLA PANGKABINANGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

  • Nuraeni Baharuddin Pascasarjana UIN Alauddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui peran orang tua dalam pembinaan karakter pada anak sejak dini di kompleks Perumahan Balla Pangkabinanga Pallangga Kabupaten Gowa, kedua, untuk mengetahui teori  yang mendukung pembinaan karakter pada anak sejak dini. Ketiga, untuk mengetahui nilai-nilai karakter anak dan remaja di kompleks Perumahan Balla Pangkabinanga Pallangga Kabupaten Gowa dan faktor pendukungnya.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan dengan berbagai perspektif multidisipliner meliputi: pendekatan paedagogis, psikologis dan pendekatan teologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak-anak dan remaja, orang tua, tokoh agama dan tokoh masyarakat di kompleks tersebut.  Selanjutnya metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses pembinaan karakter kepada anak di kompleks perumahan Balla Pangkabinanga Pallangga Gowa perlu ditanamkan oleh orang tua sejak dini karena keluarga adalah institusi pertama dan utama yang harus memberikan pembinaan karakter kepada anaknya, dengan cara menmbuhkan rasa cinta kepada hal-hal yang baik melalui pembiasaan dan latihan sehingga menumbuhkan basis keagaman yang sulit dipatahkan. keadaan fitrah  orang tua dan lingkungan yang mewarnai kehidupannya. Adapun nilai-nilai karakter yang dapat diamati pada anak-anak di perumahan Balla Pangkabinanga adalah mereka rata-rata masih memiliki sikap religius, jujur, toleransi, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa karakter anak-anak tersebut masih sangat baik dan bisa diandalkan di tengah maraknya permainan gadget dan game online serta pengaruh pergaulan yang semakin kompleks dan diharapkan dapat menjadi role mode bagi anak-anak dan remaja di tempat lain.

 

 

 

 

Published
2022-01-11
How to Cite
Baharuddin, N. (2022). URGENSI PEMBINAAN KARAKTER PADA ANAK SEJAK DINI DI KOMPLEKS PERUMAHAN BALLA PANGKABINANGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA. PENDAIS, 3(2), 153-171. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1145
Section
Articles