PENINGKATAN KEMAMPUAN PERCAKAPAN BAHASA ARAB SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING

  • Syamsiar chia Syamsiar MTS Negeri 1 Makassar

Abstract

ABSTRAK

Dalam berinteraksi sesama  manusia harus pandai berkomunikasi dengan berbahasa yang baik. Sebagai sarana berkomunikasi tentunya bahasa memiliki fungsi berdasarkan kebutuhan seseorang baik secara sadar maupun tidak sadar. Penelitian ini didesain dalam  bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Oleh karena itu penelitian ini berfokus kepada penelitian tindakan yangvbterjadi di kelas dengan tahapan pelaksanaan meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pokok permasalahan PTK ini adalah Bagaimana   Penerapan Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas VII 2 di MTs Negeri I Makassar  tentang  Percakapan.

Hasil penelitian berdasarkan evaluasi  diatas menunjukkan hal - hal sebagai berikut : Nilai rata-rata meningkat, yaitu dari pra tindakan sebesar 45.26  menjadi 60,91 pada siklus I dan 73,53 pada nilai siklus II. Daya serap meningkat, yaitu dari 45,3 %  pada pra tindakan menjadi 61,4 %  pada siklus I dan 73,5 % pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar siswa, yaitu dari 35 % pra tindakan menjadi 76 % pada siklus I dan 97 % pada siklus II.

Published
2022-01-11
How to Cite
Syamsiar, S. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PERCAKAPAN BAHASA ARAB SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING. PENDAIS, 3(2), 195-204. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1162
Section
Articles