DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • damis dahlan Universitas Indonesia Timur

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Pembelajaran Daring Siswa di MTs. DDI Galesong Baru Makassar. 2) Untuk Mengetahui Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs. DDI Galesong Baru Makassar.

Jenis penelitian ini adalah Mixed methods reseach pengumpulan data Kualitatif dan Kuantitatif secara bersama-sama dalam satu penelitian. metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa angket/koesioner, Wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. DDI Galesong Baru Makassar yang berjumlah 52 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase.

Hasil penelitian ini yang terbagi atas beberapa indikator yang menunjukkan hasil beragam. Dari hasil penelitian yang telah saya lakukan ditemukan bahwa : (1) Pembelajaran daring siswa di MTs. DDI Galesong Baru Makassar berada pada kategori sedang (36,67%). Dengan Beberapa Indikator sebagai berikut: Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, Perilaku guru saat mengajar, Interaksi antara guru dan siswa, Keaktifan siswa dalam pembelajaran, Reaksi tugas pembelajaran jarak jauh. (2) Dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang (53%). Dengan Beberapa Indikator sebagai berikut: Tekun dalam menghadapi tugas, Ulet dalam menghadapi kesulitan, Menunjukkan minat, Senang kerja mandiri, Cepat bosan karena tugas-tugas rutin, Dapat mempertahankan pendapatnya.

Published
2022-01-11
How to Cite
dahlan, damis. (2022). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. PENDAIS, 3(2), 205-222. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1165
Section
Articles