DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • NURHAYATI NURHAYATI Universitas Indonesia Timur

Abstract

ABSTRAK

 

Hasil belajar sebagai proses untuk menentukan nilai siswa melalui kegiatan atau sebagai hasil maksimum yang dicapai siswa setelah mengalami proses belajar mengajar di mana hasil belajar siswa pada hakikatnya menjadi perubahan tingkah laku. Termasuk dalam hal Pendidikan Agama di mana siswa sebagai makhluk yang diciptakan untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang harus jiwa keagamaannya ditanamkan sedari kecil agar siswa dapat mengetahui dampak positif  maupun negatif yang terjadi dalam kehidupannya sehingga akan tertanam di  dalam diri siswa untuk selalu bertingkah laku yang baik.

Hasil dari penelitian faktor yang mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Labuang Baji Kota Makassar terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa ialah  kurangnya minat siswa untuk belajar Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 dan adanya rasa malas di dalam diri siswa untuk belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu faktor lingkungan masyarakat dan faktor lingkungan dan faktor audiovisual serta adapun dampak yang terjadi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Inpres Bertingkat Labuang Baji Kota Makassar di masa pandemi covid-19 terbilang kurang karena dampak yang terjadi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas IV selama pandemi covid-19 ini lebih banyak berdampak negatif  pada hasil belajar siswa.

Published
2022-01-11
How to Cite
NURHAYATI, N. (2022). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. PENDAIS, 3(2), 223-237. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1166
Section
Articles