STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Muhammad Yusuf SD Inpres Bangkala III Instansi Dinas Pendidikan Kota Makassar

Abstract

ABSTRAK

Dalam Penelitian ini membahas tentang di era pandemi covid-19 saat ini telah merubah tatanan kehidupan pendidikan dimana peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang sulit dimana orangtua harus ikut berperan sebagai pengajar untuk membimbing anaknya.

Berdasarkan pada latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa faktor penyebab peserta didik SMA Datuk Ribandang Makassar Mengalami Kesulitan Belajar di Masa Pandemi Covid-19? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan peserta didik SMA Datuk Ribandang Makassar dimasa pandemi covid-19? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui faktor penyebab peserta didik mengalami kesulitan belajar dimasa pandemi covid-19 dan (2) untuk mengetahui strategi guru  PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.

Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar SMA Datuk Ribandang Makassar dimasa pandemi covid-19 adalah peserta didik mengalami kesulitan dikarenakan masalah kuota internet atau paket data, masih banyak peserta didik yang belum mendapatkan kuota gratis dari pemerintah,peserta didik juga mengalami kesulitan belajar karena kesulitan menjawab soal, terlambat mengumpulkan tugas karena sangat sulit berinteraksi langsung dengan pendidik,Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik SMA Datuk Ribandang Makassar dimasa pandemi covid-19 adalah antara pendidik dengan peserta didik tidak lepas dari aplikasi WhatsApp, strategi yang digunakan pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik tetap melakukan komunikasi melalui WhatsApp grup untuk dipantau, apabila peserta didik masih malas berarti strategi yang digunakan adalah menghubungi orangtua peserta didik agar anaknya aktif dalam proses pembelajaran,bagi peserta didik yang tidak memiliki kuota internet atau paket data, dan tidak memiliki handphone pendidik mendatangkan peserta didik tersebut untuk ke sekolah karena disekolah terdapat fasilitas wifi dan fasilitas lainnya yang dapat dipakai peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.

Published
2022-01-11
How to Cite
Yusuf, M. (2022). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DIMASA PANDEMI COVID-19. PENDAIS, 3(2), 238-253. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1169
Section
Articles