Faktor Determinan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mendukung Kinerja Guru

  • Lismayana Lismayana Universitas Indonesia Timur

Abstract

Abstrak

 

Pendidikan merupakan suatu sistem yang terbangun dari beberapakomponen pendidikan yang saling berhubungan. Pendidikan sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia, baik aspek kerohanian dan jasmani yang berlangsung secara bertahap. Oleh karena itu, suatu kematangan yang bertitik akhir pada optimalisasi perkembangan atau pertumbuhan, baru dapat tercapai apabila pendidikan berlangsung melalui proses demi proses ke arah tujuan perkembangan atau pertumbuhan.

Jenis penelitian yang dilakukan bersifat Asosiatif dengan pendekatan kualitatif, yaitu berupaya menggambarkan keterkaitan diantara variabel yang diteliti. Pada penelitian ini minimal dua variabel yang dikaitkan. BentukVariabel Y Kepemimpinan dan Variabel X Kinerja guru.

Hasil dari penelitian ini menjadikan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung kinerja guru pada UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang I/1 Makassaryaitu : menekankan kepada guru dan seluruh warga sekolah untuk memenuhi aturan dalam ruang lingkup sekolah dengan disiplin yang tinggi, membimbing dan mengarahkan guru dalam memecahkan masalah-masalah kerjanya, memberikan dukungan kepada para guru untuk menegakkan disiplin peserta didik, menunjukkan sikap dan prilaku teladan yang dapat menjadi panutan atau model bagi guru, peserta didik, dan seluruh warga sekolah, serta membangun kelompok kerja aktif, kreatif, dan produktif.Faktor determinan Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah a) Perhatian Individul, b) Stimulasi intelektual, c) Motivasi inspirasional, d) Pengaruh yang ideal. Indikator Kinerja Guru yaitu: a) Perencanaan pembelajaran, b)Pelaksanaan pembelajaran, c)Penilaian hasil pembelajaran, d)Melatih dan membimbing, e)Tugas tambahan,f)Mengembangkan kegiatan profesi

Published
2022-07-14
How to Cite
Lismayana, L. (2022). Faktor Determinan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mendukung Kinerja Guru. PENDAIS, 4(1), 22-33. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1235
Section
Articles