IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS II MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

  • damis dahlan Universitas Indonesia Timur

Abstract

Pandemi   Covid-19   menyebabkan   sistem   kehidupan   masyarakat   berubah termaksud  sistem  pendidikan  mengalami  dampak  adanya  pandemi  tersebut. Proses pembelajaran dilakukan  dari  rumah  melalui  pemanfaatan  media online untuk mencegah penyebaran virus corona. Banyak kendala dan tantangan yang dihadapi  oleh  guru  maupun  siswa  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  tersebut sehingga berdampak pada mutu pendidikan siswa pada pelajaran Akidah Akhlak.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti membuat rumusan masalah berikut: (1)  Bagaimana  implementasi  pembelajaran  daring  terhadap  mutu Pendidikan  siswa  di  masa  pandemi  Covid-19  kelas II mata  pelajaran  Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar? (2). Bagaimana upaya guru meningkatkan mutu Pendidikan siswa di masa pandemi Covid-19 kelas II mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar? Penelitian  ini  dilakukan  dengan  tujuan:  (1).  Untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring terhadap mutu Pendidikan siswa di masa pandemi Covid-19 kelas II mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar.  (2).  Untuk  mengetahui  upaya  guru  meningkatkan  mutu  Pendidikan siswa di masa pandemi Covid-19 kelas II mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1). Implementasi   pembelajaran   daring   dirasa   belum   efektif   sebab   guru   sulit memantau  perkembangan  siswa  dalam  belajar,  guru  maupun  siswa  belum memiliki kemampuan yang optimal dalam menggunakaan teknologi, kouta yang terbatas dan jaringan yang kurang lancar sehingga ada keterbatasan bagi guru untuk   membangun   komunikasi   dengan   siswa.   (2).   Upaya   guru   dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Makassar adalah memanfaatkan secara optimal media pembelajaran yang ada untuk share bahan ajar, KI/KD, jadwal kelas dan memonitoring siswa secara langsung melalui group kelas, menjalin kerjasama dengan  orang  tua  siswa, dan  mempersiapkan  rancangan  pembelajaran  dengan sebaik-baiknya sehingga memudahkan siswa dapat mengerti dan memahami dengan baik materi yang diajarkan.

Published
2022-07-14
How to Cite
dahlan, damis. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS II MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. PENDAIS, 4(1), 87-106. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1241
Section
Articles