KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT FAZLUR RAHMAN

  • HASNAWATI HASNAWATI UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR

Abstract

ABSTRAK

Dalam dunia pendidikan Islam, relevansi dengan masa sekarang harus lebih  patut dipertimbangkan, tanpa adanya pembaharuan dalam bidang Pendidikan, Islam menjadi lebih terbelakang dengan pendidikan di eropa,. Penelitian ini membahas tentang Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlur Rahman. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah. 1) apa makna pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman, 2) bagaimana konsep pembaharuan Islam menurut Fazlur Rahman. 3) solusi yang ditawarkan oleh Fazlur Rahman tentang Pendidikan Islam Kontemporer.

Jenis penelitian ini adalah library research, hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam perspektif Fazlur Rahman, gagasan penting pembaruan pendidikan Islam adalah bahwa ia memerlukan kurikulum yang dapat diakses oleh studi filosofis dan ilmu-ilmu sosial. Pendidikan Islam, menurut Rahman, lebih dari sekedar perlengkapan fisik dan pembelajaran instruksi fisik seperti buku-buku yang diajarkan atau diinstruksikan. sistem pendidikan eksternal, tetapi sebagai intelektualisme Islam, karena baginya, inilah inti dari pendidikan tinggi Islam. Rahman menekankan pentingnya filsafat sebagai kegiatan analitis kritis dalam produksi ide-ide bebas.Kedudukan dan keadaan pendidikan di anak benua India yang sangat tradisional dan dogmatis dalam metode dan pemikirannya inilah yang mendorong Fazlur Rahman untuk mengusulkan perubahan pendidikan Islam. Setidaknya ada dua model pendidikan yang berkembang dari pandangan Fazlur Rahman, menurut pandangannya tentang pendidikan.Yang pertama adalah pendidikan Islam yang kritis dan inovatif, diikuti dengan pendidikan Islam yang mengedepankan akhlak yang baik.

Published
2022-07-20
How to Cite
HASNAWATI, H. (2022). KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT FAZLUR RAHMAN. PENDAIS, 4(1), 119-144. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/1246
Section
Articles