PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA DI SMP NEGERI 1 AMBON

Main Article Content

A Nur Indah
Aprillia E. Taihuttu

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pola asuh orangtua dan prestasi belajar IPA siswa di SMP Negeri 1 Ambon. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat pola asuh orangtua dan prestasi belajar IPA siswa di SMP Negeri 1 Ambon, Untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Ambon, dan Untuk mengetahui besar sumbangan pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar IPA siswa di SMP Negeri 1 Ambon. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII pada SMP Negeri 9 Ambon, SMP Negeri 1 Ambon sebanyak 220 orang. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan yaitu proportional random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang berisi pernyataan dengan jumlah soal seluruhnya 60 item dan telah disediakan 4 pilihan jawaban yaitu : selalu (SL), sering (SR), kadang-kadang (KD), dan tidak pernah (TP). Terlihat bahwa tingkat pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak sebesar 75 % berada pada kriteria Baik, hal ini menunjukan bahwa orang tua dalam melakukan pola asuh, dapat dilakukan secara baik. Terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap Prestasi Belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari thitung > ttabel = 2.370 > 2.048, maka H0 ditolak berarti signifikan artinya terdapat pengaruh Pola asuh orang tua terhadap Prestasi Belajar peserta didik. Besarnya pengaruh terlihat dari R square = 0.689 yang berarti 68.9% Prestasi Belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor Pola asuh orang tua, dan 31.1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Article Details

Section
Articles