PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PAUD BUAH DELIMA DI LINGKUNGAN GALUNG TENGAH KABUPATEN MAJENE

  • Raehan Raehan STIKes Marendeng Majene

Abstrak

Periode penting dalam tumbuh kembang adalah pada usia dibawah lima tahun (balita). Masa balita merupakan masa kritis dari tumbuh kembang, karena merupakan hal mendasar yang akan mempengaruhi dan menentukan tumbuh kembang selanjutnya. Berdasarkan data studi pendahuan di PAUD Buah Delima di Lingkungan Galung Tengah yang dilakukan oleh peneliti terdapat 29 murid, 7 murid  yang berumur 3 tahun, 15 murid yang berumur 4 tahun,  dan 7 murid berumur 5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “pengaruh penyulahan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak usia 3-5 tahun di PAUD Buah Delima di Lingkungan Galung tengah Kabupaten Majene Tahun 2016”

Dalam penelitian ini, desain penelian yang digunakan eksperimental design : one group pre test post test design, yaitu rancangan penelitian dengan cara kelompok dipilih secara porposive sampling kemudian diberikan kusioner (pengukuran) sebelum dan setelah dilakukan treatment yaitu diberikan perlakuan berupa penyuluhan kesehatan kepada ibu tentang tumbuh kembang anak usia 3-5 tahun. Hasil dari penelitian ini didapatkan pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak usia 3-5 tahun di PAUD Buah Delima di Lingkungan Galung tengah Kabupaten Majene sebelum diberikan penyuluhan  kesehatan sebagian besar  masih  kurang (75,9%) dan setelah diberikan penyuluhan kesehatan  segaian besar sudah baik (96,6%). Hasil uji statistik McNemar menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak, hal ini ditunjukkan dengan nilai p=0,031 atau <0,05 dan hasil observasi pengetahuan menunjukkan dengan nilai p=0,000 atau <0,05.

 

Diterbitkan
2020-03-22

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##