FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERTUMBUHAN ANAK USIA 6-23 BULAN DI PUSKESMAS BARA-BARAYA

  • Herlianty Herlianty STIK GIA Makassar
Kata Kunci: pertumbuhan anak

Abstrak

ABSTRAK

Pada masa balita usia 6-23 bulan pertumbuhan dan perkembangan anak sangat pesat, sehingga kerap diistilahkan sebagai periode emas sekaligus periode kritis. Periode emas dapat diwujudkan apabila pada masa tersebut bayi dan anak memperoleh asupan gizi yang sesuai untuk perkembangan optimal.

Berdasarkan laporan bidan di wilayah kerja Bara-baraya induk Makassar tahun 2010, berjumlah 581 balita  presentase balita dengan berat  badan di bawah garis merah (BGM) sebesar 16 (2,89%)  Dengan keadaan tersebut dapat diketahui sejauh mana proses pertumbuhan anak berlangsung, apakah berjalan atau tidak.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pertumbuhan anak usia 6-23 bulan di Bara-baraya induk Makassar tahun 2019.

Penelitian ini merupakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional study, yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor risiko dengan efek, dengan cara pendekatan, observasi, atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach) di Puskesmas Bara-barayya, Kota Makassar, dengan metode random sampling.

Dari hasil penelitian, diketahui bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu terhadap pertumbuhan anak usia 6-23 bulan. Sebaliknya, ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu, pemberian ASI eksklusif, dan frekuensi makan terhadap pertumbuhan anak usia 6-23 bulan di Puskesmas Bara-baraya.

Demi meningkatkan pertumbuhan anak, hendaknya para orang tua memperhatikan kebutuhan anak selama masa pertumbuhan. Selain itu, perlu diadakannya pendataan dan penyuluhan-penyuluhan dari petugas kesehatan untuk menghindari terjadinya gizi buruk di lingkungan masyarakat.

Kata Kunci                    : pertumbuhan anak

Diterbitkan
2020-03-22

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##