Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Jaya Negara Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pengelolaan kelas oleh guru terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Jaya Negara Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Jaya Negara, dengan sampel sebanyak 32 orang siswa, dari keseluruhan populasi 92 orang siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas (X), sedangkan variabel bebas adalah motivasi (Y1) dan hasil belajar (Y2). Pengukuran kemampuan pengelolaan kelas guru dilakukan dengan menggunakan angket, sedangkan motivasi dan hasil belajar diketahui melalui pemberian tes evaluasi tertulis. Analisis data yang digunakan secara deskriptif untuk mengetahui kemampuan pengelolaan kelas oleh guru, serta analisis korelasi menggunakan aplikasi SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan signifikan antara pengelolaan kelas oleh guru dan motivasi belajar siswa. Sedangkan hasil variabel X terhadap variabel Y2 yaitu tidak terdapat korelasi yang positif antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pengelolaan kelas oleh guru kelas XI di SMA Jaya Negara Makassar berkorelasi terhadap motivasi belajar siswa, namun tidak berpengaruh signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa.