Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare
Abstract
Penelitian ini membahas tentang dampak penggunaan handphone terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana dampak penggunaan handphone terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare, 2. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare, 3. Apa faktor penghambat dan pendukung terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang sering di sebut model penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiyah, kemudian menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, teologis dan data tersebut di kumpul dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrument sebagai alat yang digunakan untuk mengukur venomena dalam penelitian dimana instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Kemudian menyusun pedoman wawancara yang berisi pertanyaan, serta pedoman observasi dan beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Dengan metode kualitatif dan analisis data bersifat reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini memberikan informasi tentang dampak yang di timbulkan dari penggunaan handphone bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare baik dari segi positif, maupun negatif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare yaitu faktor keluarga, lingkungan, handphone, pendidik, dan peraturan. Kemudian yang menjadi faktor penghambat terhadap motivasi belajar seperti faktor internal dan faktor eksternal sedangkan faktor pendukung motivasi peserta didik yaitu faktor internsik dan faktor eksternsik.