Interferensi Bahasa Bugis terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Siswa SMP dalam Berkomunikasi

  • Sri Wahyuni Universitas Puangrimaggalatung
  • Ahmad Ghazali Samad Universitas Puangrimaggalatung
Keywords: Bahasa Bugis, Interferensi, Komunikasi Siswa

Abstract

Pentingnya penelitian ini berdasarkan pada keadaan yang mengharuskan bahwa dalam proses pembelajaran bahasa yang baik haruslah berbahasa sesuai dengan kaidah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk interferensi bahasa Bugis terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa SMP di kecamatan Pammana dalam berkomunikasi serta memaparkan dampak dari interferensi bahasa bugis terhadap kemampuan berkomunikasi siswa SMP di kecamatan Pammana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melakukan dialog langsung dengan siswa, mengamati para siswa dalam berkomunikasi baik dalam proses pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini adalah ada kecenderungan bagi siswa SMP Negeri 1 Pammana untuk melakukan interferensi bahasa Bugis ketika berkomunikasi atau bertutur dalam bahasa Indonesia, hal ini dilakukan bahkan pada saat situasi formal, dan hal ini tentunya menyimpang dari kaidah bahasa Indonesia.

Published
2020-05-02

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.