Upaya Peningkatan Keluarga Melalui Proses Pembaruan Olah Jamur Di Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan

  • Andi Hamsiah Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Universitas Bosowa
Keywords: Jamur Tiram, Peningkatan Pendapatan, Pembaruan, Olah Jamur, Budidaya

Abstract

Jamur tiram sangat potensial untuk dijadikan usaha dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi, baik untuk pasar lokal maupun pasar antar daerah dan kemungkinan juga dapat menembus pasar lintas nusantara. Pegolahan jamur tiram sebagai makanan yang inoatif memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Pembudidayaan jamur dan pembaharuan variasi kelolah menjadi mata pencaharian masyarakat bila dilakukan pengolahan secara profesional, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun sumber pendapatan yang sangat membantu untuk menambah biaya pendididikan anak-anak mereka. Dengan melihat kurangannya olahan makanan jamur tiram, maka dilakukan pembaharuan olahan jamr yaitu jamur krispi, nugget jamur, bakso jamur  dan otak-otak jamur. Perkembangan atau pembaharuan olahan makanan dari bahan dasar jamur dapat menambah variasi menu alternatif yang berasal dari bahan jamur. Jamur merupakan jenis tumbuhan yang mengandung  vitamin D, yang memiliki andil dalam pengaturan siklus pertumbuhan sel, yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Mineral selenium yang terdapat pada jamur  dapat mempengaruhi fungsi enzim hati  dan dapat membantu detoksifikasi  zat  penyebab kanker..  Oleh karena itu, penenlitian ini sejalan dengan program pemerintah yaitu program Indonesia sehat. Sesuai dengan target dan luaran yang dicapai dalam pengabdian ini adalah menciptkan suatu inovasi baru dari segi rasa dan dari segi pelabelan hak paten  usaha yang sedang digeluti oleh sebagian masyarakat yang ada di Kelurahan Bitowa, sehingga produksi olahan jamur krispi, nugget jamur dan bakso jamur ini memberi tampilan baru yang menarik dan sedikit elegan dengan memanfaatkan semiotika bahasa yang dapat menjadi ikon produksi, yang tidak terdapat pada produksi yang lain.

Published
2020-05-02

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.