Efektivitas Pemberian Air Rebusan Jahe Dan Daun Mint Terhadap Intensitas Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester I Di Puskesmas Dahlian Makassar

  • Sumarni Sumarni Universitas Megarezky Makassar
  • Rosita Rosita Universitas Megarezky Makassar
  • Musdalifah Musdalifah Universitas Megarezky Makassar
Keywords: Air Rebusan Jahe, Daun Mint, Mual Muntah

Abstract

Salah satu keluhan yang paling sering dirasakan oleh wanita hamil adalah mual muntah yang dapat memberikan dampak pada ibu hamil,  baik secara fisik ataupun psikologis. Pengobatan mual muntah pada ibu selain diberikan obat anti muntah, ibu juga bisa diberikan perawatan Herbal yaitu pemberian Air rebusan jahe dan daun Mint. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Pemberian Air Rebusan Jahe dan Daun Mint  Terhadap Intensitas Mual Muntah pada Ibu Hamil Trimester I di Puskesmas Dahlia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif,  Desain penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy- exsperiment) dengan two group (one group Pemberian Air Rebusan Jahe, one group pemberian daun Mint) pre and pos test design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis Uji Independen sampel T test pemberian Air Jahe Lebih efektif dibandingkan dengan pemeberian Daun Mint untuk mengurangi mual muntah pada ibu hamil trimester I, dimana nilai p 0,000 lebih kecil dari dari nilai a yaitu 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian air rebusan jahe lebih efektif dibandingkan daun mint terhadap intensitas mual muntah pada ibu hamil trimester I.

Published
2020-05-02

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.